TIM Program Pengabdian UMM dan PKBM ‘Aisyiyah Dau Mengadakan Pelatihan Menjahit bagi Masyarakat

CIMG7739

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., Anggota TIM Pengabdian UMM, membuka pelatihan menjahit di Kantor Aula Kantor PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang.

Pada pertengahan tahun 2013 ini Tim Dosen Ilmu Pemerintahan Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., dan Drs. Jainuri, M.Si., kembali menjalankan program pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian yang mendapat dukungan penuh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) ini berupa pengadaan fasilitas menjahit seperti mesin Jahit, Mesin, Mesin Neci, Mesin Bordir, dan Komputer.

Fasilitas tersebut diserahkan kepada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ‘Aisyiyah Dau Malang untuk digunakan sebagai sarana penyelenggaraan kursus menjahit bagi masyarakat belum mampu. PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang mengaku sangat senang dengan program pengabdian dari dosen Ilmu Pemerintahan UMM. “Kami sangat senang dengan bantuan dari Tim Pengadian Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang”, tutur Ketua PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang, Salahudin, M.Si.

CIMG7759

Sri Subekti, S.Pd. M.Pd., Tutor Pelatihan Menjahit, sedang memberikan arahan kepada peserta pelatihan menjahit.

Pada saat ini melalui fasilitas menjahit yang diberikan Tim Pengabdian PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang mengadakan pelatihan menjahit berupa pelatihan bordir, lukis, jahit biasa, gambar pola, dan membuat lubang kancing. Pelatihan menjahit yang dilaksanakan PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang bersama Tim Pengabdian mendapat respon positif dari warga masyarakat. Pada saat ini peserta kursus menjahit mencapai 30 orang warga masyarakat. Pelatihan menjahit ini tidak dipungut biaya kecuali peserta mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan pelatihan berupa kain, garis, pensil, gunting, dan benang. “Pelatihan ini mendapat respon baik dari warga masyarakat”, tutur ketua PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang.

CIMG7769Sementara itu, Drs. Jainuri, M.Si., ketua Tim Program Pengabdian, sangat berharap dengan adanya program pengabdian yang dijalankan bersama anggota Tim-nya dapat membantu warga masyarakat untuk memiliki keterampilan menjahit sebagai modal dasar untuk pemberdayaan perekonomian. “Kami berharap program pengabdian ini bermanfaat positif bagi masyarakat belum mampu”, tuturnya berharap.

2013-10-21 16.22.35

Peserta Kursus sedang mengikuti pelatihan melukis di Kantor PKBM Aisyiyah Dau Malang

Saat ini Tim Program Pengabdian dan PKBM ‘Aisyiyah Dau Malang berupaya keras untuk mengembangkan pelatihan menjahit hingga terciptanya sebuah komunitas didalamnya terdapat peserta kursus menjahit yang saling bahu membahu untuk menjalankan usaha konveksi. “Pada saat ini kami berupaya merintis sebuah komunitas usaha konveksi yang dijalankan oleh peserta dan alumni pelatihan. Melalui ini diharapkan dapat berdampak baik bagi pengembangan perekonomian peserta dan alumni pelatihan”, tutur Jainuri, Ketua Tim Program Pengabdian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s